Inilah Rekomendasi Laptop Gaming Dengan Harga Terjangkau

 

Laptop gaming memang berbeda dengan laptop biasanya. Umumnya, laptop gaming memiliki kapasitas RAM yang lebih besar, processor dan VGA cardnya yang cenderung lebih baik. Dari segi penampilannya, laptop gaming memiliki desain yang gagah dan corak warna yang kontras pada body dan keyboardnya yang menyala. Dengan demikian, tidak mengherankan jika harga laptop gaming ditaksir lebih mahal dari laptop biasanya.

Namun tidak perlu khawatir, sebagai gamers dan sedang mencari laptop yang harganya tidak membuat dompet menipis tapi performanya tetap mendekati laptop dengan harga yang high end. Anda bisa melihat beberapa rekomendasi laptop gaming berikut ini.

DELL Inspiron 15-5577-7300HQ

Salah satu seri keluaran DELL ini menyabet gelar laptop gaming terbaik dengan harga yang cukup terjangkau. Jika biasanya pada laptop gaming memiliki model yang gahar, berbeda dengan desain laptop ini yang diciptakan mewah sehingga kelihatan classy. Nuansa merah pada bodynya membuat kesan bahwa laptop ini bukan sembarang laptop gaming. Dapur pacu dalam laptop ini powerful yakni i5 7300HQ.

Sementara untuk grafis, seri DELL ini menggunakan VGA NVIDIA GeForce GTX1050M dengan dilengkapi VRAM sebesar 4GB. Jika Anda ingin bermain dengan mode grafis yang high, laptop gaming ini masih kompatibel. Ditambah dengan RAM DDR4 sebesar 8GB, laptop ini bisa diandalkan untuk menjalankan beberapa program yang berat sekalipun. Untuk harga yang dibanderol untuk satu unit DELL Inspiron 15-5577-7300HQ ini berkisar 10 jutaan.

Asus TUF Gaming FX505DD

Nah, varian laptop gaming murah selanjutnya yakni dikeluarkan oleh Asus. Laptop ini dinilai punya kemampuan yang mumpuni dan sangat baik meski harga yang dipatok di pasaran cukup murah.

Ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5 3550H dan NVIDIA GeForce GTX 1050 3GB GDDR 5 pada grafisnya. Meski Anda bermain game yang berat, laptop gaming terbaik ini dijamin akan mensupport dan jadi lebih memuaskan.

Hal yang menjadi poin plusnya lagi, RAM 8GB DDR4 yang ada pada laptop gaming ini membuatnya sangat disarankan untuk dimiliki. Sebab, bermain game atau mengedit video bisa dengan laptop ini. Intinya, laptop ini sangat cocok untuk Anda yang multitasking.

MSI GL62M-7RDX-2635

Bagi para online gamers, pasti sudah tidak asing lagi dengan brand MSI. Fyi, seri GL62M-7RDX-2635 ini termasuk laptop gaming termurah yang diproduksi oleh brand tersebut. MSI memang sudah dikenal dengan keahliannya dalam bidang laptop gaming, jadi bagi Anda yang baru mengetahui, jangan khawatir bahwa brand ini tidak mampu bersaing dengan merek lainnya dalam hal gaming ya.

Laptop ini sudah dilengkapi dengan Intel Core i7-7700HQ generasi ke 7. Untuk kapasitas RAM yaitu DDR4 8GB. Namun, ada yang perlu Anda ketahui, untuk pengolah grafisnya, laptop MSI ini masih bertahan pada Nvidia GeForce GTX 1050, 2GB GDDR5. Namun laptop keluaran MSI ini masih sangat worth it untuk Anda miliki karena harganya yang terjangkau.

Acer Predator Nitro 5 AN515-51-58YX

Perusahaan asal Taiwan Acer juga tidak mau kalah dengan brand lainnya dalam membuat laptop gaming bagi para gamers. Dari segi model, laptop ini memang terlihat sangat gagah. Seperti model laptop gaming pada umumnya. Perpaduan warna hitam dibalut dengan aksen merah, serta lekukan yang hadir di laptop ini, membuat konsumen yang melihatnya akan memberi kesan ‘cepat’.

Tidak hanya dari tampilannya saja, ternyata performa laptop ini juga ‘ngebut’. Dengan Intel Core i5 7300HQ yang mempunyai clock speed 2,5-3,5 Ghz. Jadi tidak perlu takut akan mengalami hang atau lag saat bermain permainan berat.

Kapasitas RAM dari Acer Predator Nitro 5 AN515-51-58YX adalah DDR8, VGA NVIDIA GeForce GTX 1050M 4GB. Perangkat ini dipastikan memberi pengalaman bermain game dengan sangat baik kepada gamers.

Lenovo Legion Y520 WEID

Lenovo mengeluarkan seri laptop gaming dengan harga cukup terjangkau. Laptop gaming ini memang tidak memiliki kekuatan yang sama dengan laptop-laptop gaming yang sudah disebutkan sebelumnya, namun dengan harganya yang murah masih bisa Anda jadikan bahan pertimbangan untuk memilikinya.

Dilengkapi processor Intel Core i5 7300HQ dan VGA Card Nvidia GeForce 1050 4GB dengan RAM DDR54 4GB, laptop ini mampu mensupport permainan GTA V dengan mode grafis medium to high.

Itulah gambaran dari laptop gaming terbaik yang menjadi rekomendasi bagi Anda pecinta game online. Meskipun dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau, jangan takut akan kemampuannya. Performa dari beberapa laptop tersebut tetap ‘bandel’ meskipun harganya tidak menguras dompet Anda. Semoga tulisan ini bisa membantu Anda untuk menentukan laptop gaming terbaik dengan harga yang terjangkau.

Cara Matikan Gadget Agar Cepat Tidur

Seluruh bunyi ini mungkin akan berguna ketika di siang hari. Namun, bunyi-bunyi tersebut sudah pasti akan sangat mengganggu di malam hari. (Source: pexels.com)

Gadget merupakan salah satu barang yang susah untuk dipisahkan dari manusia. Tidak hanya sebagai alat untuk berkomunikasi, tetapi gadget juga digunakan sebagai alternatif untuk bermain dan belajar. Untuk berkomunikasi sendiri, gadget pasti akan selalu berdering dan bergetar ketika seseorang sedang menghubungi Anda, atau ketika sebuah notifikasi dari salah satu aplikasi di gadget tersebut muncul. Atau bahkan gadget Anda juga dapat bunyi dan bergetar ketika ingin memberitahu Anda bahwa terjadi kemacetan di jalur yang biasa Anda tempuh.

Seluruh bunyi ini mungkin akan berguna ketika di siang hari. Namun, bunyi-bunyi tersebut sudah pasti akan sangat mengganggu di malam hari. Anda pasti tidak ingin waktu tidur Anda terganggu karena gadget Anda mendadak bunyi untuk memberitahu sebuah berita dadakan, pesan dari rekan kerja, atau notifikasi bahwa sesuatu yang sedang Anda unduh telah selesai. 

Lantas, bagaimana cara meredam bunyi gadget tersebut agar cepat tidur? Simak tulisan berikut dan terapkan di kehidupan sehari-hari.

Matikan Bunyi Notifikasi Aplikasi

Sebelum Anda menjelajahi seluruh pengaturan yang ada dalam ponsel pintar, Anda dapat melihat-lihat aplikasi yang telah diunduh dalam gadget tersebut. Terlebih lagi aplikasi yang notifikasinya terus menerus mengganggu waktu istirahat Anda.

Merubah pengaturan notifikasi dalam beberapa aplikasi tersebut akan lebih efektif apabila dibandingkan dengan merubah ponsel pintar menjadi mode senyap. Apabila Anda menggunakan Facebook Messenger dan dalam aplikasi tersebut Anda memiliki satu obrolan grup yang selalu aktif melewati batas jam tidur Anda, maka Anda tidak perlu khawatir. Sebab, aplikasi yang berhubungan dengan pertukaran pesan seperti Facebook Messenger memiliki fitur untuk mematikan notifikasi chat per individu. Kembali ke Facebook Messenger, Anda dapat mematikan notifikasi chat dengan cara membuka chat dengan orang atau grup yang dituju terlebih dahulu, kemudian tekan nama chat tersebut, pilih Receive Notification (apabila Anda pengguna iOS, atau Notifications apabila Anda pengguna Android), lalu tekan Mute Conversation.

Akan tetapi, akan lebih baik apabila Anda matikan seluruh notifikasi dari aplikasi yang terdapat dalam ponsel pintar tersebut setiap kali Anda hendak beristirahat. Namun, apabila hanya satu atau dua aplikasi saja yang menyebabkan masalah, Anda dapat melakukan pengaturan untuk mematikan seluruh notifikasi terhadap beberapa aplikasi tersebut.

Gunakan Mode Senyap

Baik Android maupun iOS memiliki mode Do Not Disturb. Mode tersebut berfungsi untuk mematikan seluruh bunyi yang akan dikeluarkan oleh ponsel pintar Anda ketika beberapa aplikasi memunculkan notifikasi terhadap suatu hal. Akan tetapi, apabila Anda khawatir akan melewatkan pesan atau telepon, Anda dapat melakukan pengaturan dalam mode tersebut agar kedua fitur tidak termasuk dalam mode senyap. Do Not Disturb merupakan metode paling mudah dan paling efektif untuk mencegah gadget berbunyi di malam hari agar cepat tidur. Dan juga, Anda dijamin tidak akan mendadak terbangun di malam hari karena bunyi notifikasi yang berisik.

Bagi para pengguna iOS, Anda dapat pergi ke Settings, lalu pilih Do Not Disturb, kemudian nyalakan fitur Scheduled. Dari situ, Anda dapat mengatur jam dimana bunyi notifikasi tidak akan membuat ponsel pintar Anda berdering atau bergetar. Agar tidak melewati telepon yang penting, Anda dapat masukkan nomor-nomor tersebut ke Allow Calls From.

Heningkan Laptop atau Komputer Anda

Tidur tepat di sebelah laptop atau komputer tentu saja berbeda dengan ketika Anda tidur di sebelah ponsel. Namun apabila Anda memiliki komputer di kamar, Anda tentu saja tidak ingin terbangun karena mendengar bunyi yang dikeluarkan dari komputer ketika muncul notifikasi atau terdapat satu situs yang mengeluarkan suara. Terlebih lagi apabila posisi komputer dan kasur Anda sedikit jauh. Tentu saja Anda tidak ingin repot untuk berjalan terlebih dahulu ke arah komputer saat terbangun dari tidur lelap.

Maka dari itu, heningkan laptop atau komputer Anda agar cepat tidur. Apabila Anda pengguna Windows, Anda dapat membuka Settings di menu Start, kemudian pilih Focus Assist, lalu menuju ke Alarms Only untuk mengatur mode Do Not Disturb. Gunakan toggle During These Times untuk mengatur skedul setiap sore hari. Sementara untuk mengontrol notifikasi per aplikasi, Anda dapat membuka System, lalu Notifications & Access dari Settings. Atau Anda dapat melakukan cara lain melalui System, kemudian Sound untuk mematikan audio laptop atau komputer Anda.

Sementara untuk pengguna macOS, Anda dapat menggunakan mode Do Not Disturb secara temporer dengan mengklik ikon Notification Center tepat di ujung kanan bar menu, lalu pilih Do Not Disturb.