fenomena suhu yang sangat meningkat dan juga banjir tengah melanda dimana-mana serta banyaknya polusi yang disebabkan oleh tekhnologi yang tidak ramah lingkungan merupakan salah satu dari dampak globalisasi. Banyak penemuan-penemuan yang hanya memikirkan tekhnologi yang modern tanpa memikirkan kembali kalau produk nya itu ramah lingkungan atau tidak. Serta penggunaan plastik yang kiat meningkat tiap tahunnya menyebabkan saluran air yang tidak dapat berfungsi dengan benar alias penyumbatan yang dapat menyebabkan banjir. Penggundulan hutan secara asal-asalan kian marak dari tahun ke tahun yang dimana hutan merupakan salah satu paru-paru dunia. Hutan dapat mencegah berbagai bencana alam, seperti longsor, banjir, dll, yang dimana jika ditebang secara tidak beraturan dapat menyebabkan bencana-bencana semakin menjadi-jadi.

Limbah-limbah pabrik yang semata-mata hanya ingin membuat suatu produk tanpa disadari sangat membuat keadaan bumi semakin terganggu dan semakin miris. Limbah pabrik dibuang secara tidak tanggung jawab di daerah sekitar warga yang dimana baunya yang menyengat sangat mengganggu warga sekitar dan juga belum lagi bahan-bahan kimia yang tercemar, tentunya dapat membuat penyakit yang tercemar. Dengan diciptakannya tekhnologi yang kian ramah lingkunga harus patut di tiru dan juga patut di apresiasi, mereka membuat suatu produk tanpa membuat risih penghuni bumi. Akhir-akhir ini sudah banyak penemuan penemuan tekhnologi yang ramah lingkungan.

 

Tekhnologi yang ramah lingkungan

 

Lampu seumur hidup

Lampu seumur hidup ini termasuk kedalam lampu yang hemat energi. Mahasiswa Indonesia yang berasal dari Universitas Brawijaya telah membuat penemuan berharga nya yang patut di apresiasi. Dengan adanya lampu ini, anda tidak perlu lagi kepusingan untuk membayar tagihan link alternatif sbobet listrik. Sekelompok mahasiswa menggunakan dan memanfaatkan bakteri yang ada pada tubuh cumi-cumi, yang dimana bakteri tersebut dapat mengeluarkan cahaya berwarna biru. Mahasiswa brawijaya tersebut berhasil meneliti, jika kandungan bakteri yang didalam tubuh cumi-cumi ditambahkan, maka seamkin banyak pula cahaya terang yang dihasilkan. Jika bakteri tersebut mati, maka ia akan menghasilkan induk baru, yang dimana jika lampu ini terus dikembangkan akan bersifat sangat ramah lingkungan dan dapat menyala seumur hidup

 

Taman atap rumah 

Telah dikehatui bahwa penggundulan hutan ini kian marak terjadi yang membuat panas bumi tidak terserap dengan baik, sehingga dapat menyebabkan ”efek rumah kaca” pada bumi. Efek rumah kaca terjadi ketika panas bumi tidak bisa terserap dengan baik dan panas bumi itu kembali memantulkan ke bumi. Panas bumi telah meningkat tiap tahunnya akibat berbagai macam alasan. Dengan membuat taman di atap rumah sedikit demi sedikit panas bumi akan berkurang karna telah diserapnya panas bumi dari tanaman yang di tanam dan juga dapat mengurangi CO2. Tentunya hal ini sangat mudah dilakukan dan tidak perlu memakan banyak biaya. Jadi, setiap orang dapat melakukannya.

 

Panel surya

Cahaya matahari bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam, baik bagi tumbuhan maupun tekhnologi, salah satunya ialah penemuan panel surya. Panel surya ini sangat ramah lingkungan, bahan bakarnya pun hanya menggunakan cahaya matahari untuk dijadikan sebuah tenaga listrik. Panel surya juga mempunyai sebutan lain, yakni ”photovoltaic” yang memiliki arti “cahaya listrik”. Penemuan sumber daya ini sangatlah patut di apresiasi dan juga dikembangkan agar bisa menjadi banyak contoh untuk pengusaha-pengusaha lainnya. Namun, panel surya ini bukanlah sebuah penemuan yang baru ditemukan, apalagi disebuah negara-negara maju. Panel surya ini kian meluas bagi seluruh penjuru dunia termasuk salah satunya Indonesia.

 

Biogas  

Kotoran hewan memang nampaknya seringkali mempunyai berbagai macam manfaat, seperti dibuat nya dan dimanfaatkan untuk pupuk tumbuhan yang dapat membuat tumbuhan menjadi subur dari waktu ke waktu. Dan penemuan selanjutnya dari kotoranhewan, yakni biogas. Energio biogas yang dimanfaatkan dari kotran hewan dan dapat menghasilkan karbondioksida jika di fermentasi. Lalu, karbondioksida tersebut berubah menjadi zat mentana yang dimana zat mentana sangat diperlukan untuk membuat bahan bakar kendaraan ataupun tenaga listrik. Biogas ini sangatlah berguna untuk negara-negara yang maju maupun berkembang. Karna selain ramah lingkungan, biogas ini juga bisa mengurangi limbah buangan dan dapat bermanfaat dan menghasilkan suatu bahan bakar transportasi dan juga menghasilkan listrik.

 

Nah, itu dia berbagai macam tekhnologi ramah lingkungan yang harus di contoh dan juga patut di apresiasi.