Seluruh bunyi ini mungkin akan berguna ketika di siang hari. Namun, bunyi-bunyi tersebut sudah pasti akan sangat mengganggu di malam hari. (Source: pexels.com)

Gadget merupakan salah satu barang yang susah untuk dipisahkan dari manusia. Tidak hanya sebagai alat untuk berkomunikasi, tetapi gadget juga digunakan sebagai alternatif untuk bermain dan belajar. Untuk berkomunikasi sendiri, gadget pasti akan selalu berdering dan bergetar ketika seseorang sedang menghubungi Anda, atau ketika sebuah notifikasi dari salah satu aplikasi di gadget tersebut muncul. Atau bahkan gadget Anda juga dapat bunyi dan bergetar ketika ingin memberitahu Anda bahwa terjadi kemacetan di jalur yang biasa Anda tempuh.

Seluruh bunyi ini mungkin akan berguna ketika di siang hari. Namun, bunyi-bunyi tersebut sudah pasti akan sangat mengganggu di malam hari. Anda pasti tidak ingin waktu tidur Anda terganggu karena gadget Anda mendadak bunyi untuk memberitahu sebuah berita dadakan, pesan dari rekan kerja, atau notifikasi bahwa sesuatu yang sedang Anda unduh telah selesai. 

Lantas, bagaimana cara meredam bunyi gadget tersebut agar cepat tidur? Simak tulisan berikut dan terapkan di kehidupan sehari-hari.

Matikan Bunyi Notifikasi Aplikasi

Sebelum Anda menjelajahi seluruh pengaturan yang ada dalam ponsel pintar, Anda dapat melihat-lihat aplikasi yang telah diunduh dalam gadget tersebut. Terlebih lagi aplikasi yang notifikasinya terus menerus mengganggu waktu istirahat Anda.

Merubah pengaturan notifikasi dalam beberapa aplikasi tersebut akan lebih efektif apabila dibandingkan dengan merubah ponsel pintar menjadi mode senyap. Apabila Anda menggunakan Facebook Messenger dan dalam aplikasi tersebut Anda memiliki satu obrolan grup yang selalu aktif melewati batas jam tidur Anda, maka Anda tidak perlu khawatir. Sebab, aplikasi yang berhubungan dengan pertukaran pesan seperti Facebook Messenger memiliki fitur untuk mematikan notifikasi chat per individu. Kembali ke Facebook Messenger, Anda dapat mematikan notifikasi chat dengan cara membuka chat dengan orang atau grup yang dituju terlebih dahulu, kemudian tekan nama chat tersebut, pilih Receive Notification (apabila Anda pengguna iOS, atau Notifications apabila Anda pengguna Android), lalu tekan Mute Conversation.

Akan tetapi, akan lebih baik apabila Anda matikan seluruh notifikasi dari aplikasi yang terdapat dalam ponsel pintar tersebut setiap kali Anda hendak beristirahat. Namun, apabila hanya satu atau dua aplikasi saja yang menyebabkan masalah, Anda dapat melakukan pengaturan untuk mematikan seluruh notifikasi terhadap beberapa aplikasi tersebut.

Gunakan Mode Senyap

Baik Android maupun iOS memiliki mode Do Not Disturb. Mode tersebut berfungsi untuk mematikan seluruh bunyi yang akan dikeluarkan oleh ponsel pintar Anda ketika beberapa aplikasi memunculkan notifikasi terhadap suatu hal. Akan tetapi, apabila Anda khawatir akan melewatkan pesan atau telepon, Anda dapat melakukan pengaturan dalam mode tersebut agar kedua fitur tidak termasuk dalam mode senyap. Do Not Disturb merupakan metode paling mudah dan paling efektif untuk mencegah gadget berbunyi di malam hari agar cepat tidur. Dan juga, Anda dijamin tidak akan mendadak terbangun di malam hari karena bunyi notifikasi yang berisik.

Bagi para pengguna iOS, Anda dapat pergi ke Settings, lalu pilih Do Not Disturb, kemudian nyalakan fitur Scheduled. Dari situ, Anda dapat mengatur jam dimana bunyi notifikasi tidak akan membuat ponsel pintar Anda berdering atau bergetar. Agar tidak melewati telepon yang penting, Anda dapat masukkan nomor-nomor tersebut ke Allow Calls From.

Heningkan Laptop atau Komputer Anda

Tidur tepat di sebelah laptop atau komputer tentu saja berbeda dengan ketika Anda tidur di sebelah ponsel. Namun apabila Anda memiliki komputer di kamar, Anda tentu saja tidak ingin terbangun karena mendengar bunyi yang dikeluarkan dari komputer ketika muncul notifikasi atau terdapat satu situs yang mengeluarkan suara. Terlebih lagi apabila posisi komputer dan kasur Anda sedikit jauh. Tentu saja Anda tidak ingin repot untuk berjalan terlebih dahulu ke arah komputer saat terbangun dari tidur lelap.

Maka dari itu, heningkan laptop atau komputer Anda agar cepat tidur. Apabila Anda pengguna Windows, Anda dapat membuka Settings di menu Start, kemudian pilih Focus Assist, lalu menuju ke Alarms Only untuk mengatur mode Do Not Disturb. Gunakan toggle During These Times untuk mengatur skedul setiap sore hari. Sementara untuk mengontrol notifikasi per aplikasi, Anda dapat membuka System, lalu Notifications & Access dari Settings. Atau Anda dapat melakukan cara lain melalui System, kemudian Sound untuk mematikan audio laptop atau komputer Anda.

Sementara untuk pengguna macOS, Anda dapat menggunakan mode Do Not Disturb secara temporer dengan mengklik ikon Notification Center tepat di ujung kanan bar menu, lalu pilih Do Not Disturb.